Kegiatan


11 Terduga Teroris Merauke Terkait JAD Makassar dan Berbaiat ke ISIS

Penadata, Jakarta – Penangakap 11 terduga teroris di Merauke pada pekan lalu cukup menyita perhatian publik. Pasalnya, diantara 11 terduga tersebut adalah pasang suami istri. Mereka terkait Jamaah Anshart Daulah (JAD) dan berbaiat ke Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS).

Bahkan, 11 orang terduga teroris tersebut sudah ada yang disiapkan untuk menjadi “pengantin” atau pelaku bom bunuh diri.

“Karena sudah disiapkan jadi pengantin makanya kita lakukan penangkapan,” kata Kapolda Papua Irjen Mathius Fakhiri di Jayapura, pekan lalu

Polri memastikan 11 terduga teroris tersebut punya keterkaitan dengan kelompok kajian Villa mutiara yang merupakan jaringan teroris di Makassar, Sulawesi Selatan.

Diketahui, kelompok kajian Villa Mutiara ini merupakan jaringan teroris yang berafiliasi dengan Jamaah Ansharut Daulah (JAD) di Makassar. Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri juga menyita sejumlah barang bukti saat penangkapan.

Karo Penmas Divisi Humas Mabes Polri Brigjen Pol Drs. Rusdi Hartono dalam keteranganya mengatakan terduga teroris di Merauke merupakan hasil pengembangan dari Makassar.

“Di antara mereka sudah saling kenal orang-orang di Merauke. Mereka pernah ketemu dan pernah mengaji bersama. Jadi Makassar, Balikpapan dan Merauke saling keterkaitan kelompoknya (Villa Mutiara)” terangnya, pada Senin (7/6) kemarin.